top of page
  • Writer's pictureChristian Aditya

A New Civic ?

Honda Civic adalah salah satu nama besar di dunia persilatan otomotif, bersamaan dengan rival terkuatnya : Toyota Corolla. Brand marquee yang sudah eksis lebih dari 50 tahun dan masih tetap populer. Mulai dari humble beginning sebagai alternatif mobil kecil hemat bahan bakar hingga membesar mendekati ukuran sebuah midsize car.


I mean, Civic pertama ukurannya tidak lebih besar dari sebuah Honda Brio. Anda bisa bayangkan sendiri betapa kecilnya Civic dulu berbanding ukuran yang sekarang.

Honda Civic - generasi 1 hingga 10.

( sumber )


Civic terbaru yang ada di showroom sekarang adalah generasi ke sepuluh. Sekarang memiliki mesin dengan induksi, transmisi CVT, dan bentuk ala fastback Eropa, dan walaupun model ini sudah muncul dari empat tahun yang lalu, terlihat seperti mobil yang baru kita lihat kemarin sore.

Dan sayangnya, memang faktanya mobil ini sudah empat tahun. 1-2 tahun mendatang kita akan menyaksikan penggantinya : Civic generasi 11.


Beberapa spy shot sudah memergoki Civic dites jalan dengan camouflage, terutama model Type-R nya. Beberapa hari lalu kita sudah ditunjukkan bocoran gambar patent dari Civic terbaru ini. Dari model hatchback yang pertama dirilis, menyusul model sedan nya. Gambar ini dirilis oleh website civicxi.com.





Spy Shot Sedan :

"Bocoran" desain seperti ini sudah pasti menimbulkan pro dan kontra. Banyak yang mengatakan versi hatchbacknya mirip dengan Honda Accord Crosstour akibat jendela pilar C besar, lalu bagian belakangnya dibilang meniru KIA Stinger. Sejauh ini, versi sedan masih lebih acceptable di mata netijen.

Honda Accord Crosstour

( sumber )


Terlepas dari pro-kontra ini, Civic terbaru memiliki cleaner lines, tanpa terlalu banyak flare seperti generasi yang sekarang. Sepertinya Honda memecat desainer yang bertanggung jawab terhadap Type-R dan Hatchback, lalu menggantinya dengan desainer Audi. Karena sangat obvious bahwa interior Accord terbaru terlihat seperti Audi, dan menurut gambar ini Civic juga terlihat seperti interior Audi.

Interior Civic XI

Interior Honda Accord

( sumber )

Interior Audi A4

( sumber )


Semoga saja tidak ikut - ikutan menggunakan layar TV 42 inch untuk multimedia yang distracting, dan expect push button shifter karena Honda sepertinya menganggap tongkat perseneling adalah masa lalu. Entahlah, semoga saya salah.


Yang jelas sepertinya mobil ini tidak akan menjadi epic fail dan vanilla seperti Civic FB, karena yang dibocorkan di awal adalah spy shot Type-R nya.


Belum ada bocoran untuk powertrain - besar kemungkinan mesin 1.5 Liter Turbo akan dilanjutkan, transmisi - dari berita di 2017, beberapa jurnalis sempat menguji test mule Honda Civic bertransmisi dual-clutch 8-speed. Tetapi saya tidak ingin memberi anda harapan palsu - let's just expect Civic ini tetap menggunakan CVT. Ada yang bilang jangan berharap terlalu tinggi - nanti kecewa.


Luckily, there's a small rumor from Japanese publication, Car Watch, that the Civic's CVT could soon be replaced by a dual-clutch transmission (DCT). At Honda's 2017 Meeting Event, it rolled out a test mule of the Civic called the "Dynamic Study" for journalists to drive. The car featured small improvements to the 1.5-liter engine, but the biggest change was an eight-speed DCT transmission, that was plucked from the Chinese market Acura CDX. This DCT is actually unique to others in a few ways.

Yang jelas untuk versi Type-R nya : don't ditch the manual, Honda.





44 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page