top of page
  • Writer's pictureChristian Aditya

Fuel Pump Recall

Setidaknya dalam rentang tidak sampai sebulan, ada dua ATPM besar di Indonesia melakukan recall produk khususnya keluaran 2017-2019.


Mitsubishi di produk Xpander. Livina, ya anggap saja sepaket.

Menurut keterangan perusahaan yang diterima KompasTV,  Mitsubishi Xpander menarik 139.111 unit mobil, dengan tahun produksi 2017 sampai 2019. Kemudian All New Nissan Livina, 9.314 unit, diproduksi pada periode 22 Februari 2019 sampai dengan 24 Agustus 2019. Seluruh mobil yang ditarik akan dicek, atau bahkan sampai diganti komponen pompa bensinnya.
Berdasarkan investigasi yang dilakukan, ditemukan fenomena bahwa fuel pump di dalam tangki dapat berhenti beroperasi. Kondisi ini berpotensi membuat mesin tidak dapat dinyalakan atau berhenti bekerja. Kemungkinan penyebabnya adalah impeller  memuai dan berubah bentuk, kemudian bergesekan dengan bagian di sekitarnya, sehingga impeller tersebut berhenti berputar.

Lalu belakangan ini Honda. Nyaris semua produknya kena kecuali Odyssey.


Model yang bermasalah dan wajib dibawa pemiliknya ke bengkel untuk mendapatkan perbaikan yakni Brio, Mobilio, Jazz, BR-V, HR-V, CR-V, City, Civic, dan Accord yang diproduksi antara 2017 hingga 2019. 
Recall ini nyaris melibatkan semua model yang dijual HPM, hanya Odyssey yang tidak termasuk.

Apakah di Indonesia saja ? Tidak. Di beberapa negara lain, Toyota, Mazda, dan Subaru juga sudah melakukan dulu beberapa bulan lalu. Toyota Astra Motor dan Eurokars Motor Indonesia (Mazda) belum mengumumkan recall.


Toyota USA, Januari 2020

January 14, 2020 — A Toyota Lexus fuel pump recall has been issued for 696,000 vehicles in the U.S. to prevent stalled engines due to fuel pump failures.
The Toyota and Lexus low-pressure fuel pumps were built by Denso. The pump is located inside the fuel tank and contains an impeller that may deform due to excessive fuel absorption. The deformed impeller can interfere with the body of the fuel pump, causing illumination of the check engine and other warning lights.
In addition, the engine may run rough and the vehicle may stall while driving. Toyota says this typically will occur at speeds of less than 20 mph, but in "rare instances" a vehicle may stall at speeds above 20 mph.

Mazda, Tiongkok, September 2019.

BEIJING, Sept. 29 (Xinhua) -- Changan Mazda, a joint venture between Chongqing Changan Automobile and Mazda, will recall 77,112 vehicles due to defective fuel pumps, according to China's market regulator.
Defective parts in the fuel pumps of the recalled vehicles may lead to fuel disruption and unintended engine stop in extreme cases, said the administration.

Subaru USA, April 2020

DETROIT -- Subaru is recalling just over 200,000 cars and SUVs in the U.S. and Canada because fuel pumps can fail and cause engines to stall.
The recall covers certain 2019 Impreza, Outback, Legacy, and Ascent vehicles. Subaru says in government documents that the low pressure fuel pump can fail. Engines could lose power while the vehicles are being driven. The engines also might not start or they could run rough.

So, what is a fuel pump ?


Fuel pump (pompa bahan bakar) adalah, ya pompa. Sama seperti pompa di rumah anda. Mengalirkan cairan dari bawah ke atas. Karena posisi fueltank mobil tidak berada di atas mesin, tapi di bawah. Pompa bahan bakar ini untuk mobil modern sekarang dikendalikan oleh secara elektronik, dan tenggelam (submerged) di dalam tangki.

Full assembly dari komponen pompa bahan bakar.

( sumber )


Bagian utama dari pompa bahan bakar ini adalah motor di dalamnya. Motor ini menggerakkan sebuah impeller (jika anda memasukkan kunci kontak ke posisi ON, ada suara dengung "ngiiiiiing" pelan, itu adalah suara fuel pump yang aktif karena menerima sinyal dari sistem elektronik), menggunakan gaya sentrifugal untuk membuat bahan bakar naik ke sistem.





Cutout dari bagian - bagian fuel pump

( sumber )


Jadi, sesederhana itu.


The Problem


Impeller, adalah bagian yang paling krusial di dalam sebuah fuel system. Tanpa adanya impeller ini, pompa bahan bakar tidak berfungsi. Dan inilah mengapa recall campaign ini penting.


Statement resmi mengatakan bahwa komponen ini terekspos pada proses solvent drying yang menyebabkan adanya potensi keretakan dan deformasi / perubahan bentuk pada impeller.

The fuel pump recall is necessary because the low-density impellers in the pumps may deform from fuel absorption, causing the impellers to strike the outer parts of the fuel pumps.
DENSO says the impellers were exposed to solvent drying during production which caused cracks on the impeller surfaces.

Kabar baiknya, mungkin tidak semua unit kena.


Dari total semua kendaraan yang di-recall oleh setiap pabrikan, kendaraan anda mungkin bukan salah satunya. Ada sekitar 85.025 unit Honda dan 139.111 unit Xpander ditambah 9.314 unit Livina dari produksi 2017 - 2019 yang terdampak.


Untuk mengkonfirmasi, dapat menghubungi masing - masing hotline customer service terkait.


Haruskah segera dilakukan ?


Kerusakan pada komponen fuel pump impeller ini sebenarnya dapat memicu pemberitahuan check engine light pada dashboard. Seperti saya katakan, check engine light adalah garda terakhir untuk mencegah kerusakan lebih berat. Jadi, jika belum menyala, dapat dipastikan mobil anda normal - normal saja.


They may also see a “Check Engine” light pop up on the instrument cluster or feel a sudden loss of power while driving.

Gejala - gejala lainnya adalah suara kasar karena gesekan, kehilangan tenaga, hingga mesin mati tiba - tiba.


Tetapi jelas ini bukan masalah yang bisa dianggap enteng. Segera lakukan kalau ingin bepergian ke luar kota. Tentu saja, merepotkan sekali jika harus memanggil towing di tengah perjalanan piknik keluarga, bukan ?



27 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page