top of page
  • Writer's pictureChristian Aditya

The Indestructible

Mad Max : Fury Road. Sebuah film di 2015 yang bercerita tentang dunia post-apocalypse. Dunia di ambang kehancuran.

Mad Max : Fury Road


Film dibuka dengan Max, memakan seekor kadal berkepala dua hidup-hidup, yang sepertinya hasil mutasi genetik. Peradaban manusia tinggal sisa puing - puing, untuk bertahan hidup saja sulit. Ditambah, adanya seorang penguasa diktator yang menguasai seluruh sumber daya.


Konflik pada film ini dimulai saat pengemudi truk tanker ketahuan membelot, lalu sang diktator mengejarnya dengan para pasukannya. Truk itu berisi ribuan liter bahan bakar, jelas saja penting untuk dikuasai oleh sang diktator. Karena seluruh pasukannya menggunakan mobil bermesin V8, mungkin ?


Adegan kejar - kejaran dengan truk tanker "war rig".


Mobil - mobil di Mad Max : Fury Road, semuanya bermesin V8. Bahkan dunia di ambang kehancuran pun manusia tetap tidak berpikir untuk hemat energi...


It's just a movie.


Yes, karena jika benar terjadi di dunia nyata, kita tidak akan mengendarai VW bermesin V8.



"Firecar no.3 a.k.a FDK, Volkswagen Beetle bermesin V8"


Ada sebuah mobil yang lebih cocok untuk itu. Mobil yang sangat sulit untuk dihancurkan sampai Top Gear mendedikasikan satu sesi khusus untuk "membunuhnya". Judulnya saja sudah sangat jelas :


"Killing a Toyota".

1988 Toyota Hilux N50, di episode Top Gear "Killing a Toyota"


"Oh oke, Toyota memang tahan banting kok, saya tiap hari bawa ke tambang kuat-kuat saja, no surprise"


Oh itu terlalu biasa, my brother.


Jeremy Clarkson secara sengaja, melakukan hal-hal terburuk yang bisa anda bayangkan ditimpakan pada sebuah mobil.


Ditabrakkan ke pohon dengan sengaja ? Check.

Ditenggelamkan di laut ? Almost.

Ditimpa sebuah caravan dan wrecking ball ? Check.

Dibakar ? Check.


Setelah Clarkson, James May, melanjutkan eksperimen gila ini dengan meledakkan mobil ini dari atas sebuah gedung yang akan diledakkan. Sebuah proyek penghancuran gedung yang mampu meledakkan tiga gedung sekaligus.

Klip "penghancuran" Toyota.


Saya yakin anda berpikir "tamatlah sudah". Tidak mungkin sebuah mobil mampu bertahan dari ujian se-ekstrim ini. Ini mobil, bukan tank!


..... dan mobil itu masih hidup hingga saat ini. Sebelum menunjukkan mobil itu dikendarai di studio James May bahkan berkata "I can hardly believe this myself".

Setelah diledakkan, mobil ini disetir sendiri oleh kru Top Gear ke studio.


Mobil yang "dihancurkan" oleh Top Gear adalah model tahun 1988. Tetapi hingga sekarang, Toyota masih memiliki reputasi membuat mobil yang "susah dihancurkan".


Well, mungkin Hilux yang sekarang lebih mudah karena kelistrikannya lebih banyak... atau Toyota menemukan cara untuk membuat kabel-kabel dan komponen yang bisa tahan air laut pasang?


Tetap untuk standar mobil modern - Toyota Hilux adalah salah satu mobil terkuat di muka bumi.


Sejak 2004, Toyota merancang sebuah platform modular bernama IMV (Innovative-Multipurpose Vehicle) dengan menawarkan tiga model : Hilux (Pickup/DCab), Innova (MPV), Fortuner (SUV).


IMV generasi pertama (2004 - 2015)


Toyota membuat tiga mobil yang basisnya adalah sebuah mobil terkuat di muka bumi. Jadi, jika anda punya Innova, anda punya sebuah tank di rumah.


Platform mobil ini sangat basic sekali. Sasis ladder, penggerak roda belakang, dan mesin yang mampu bertahan hidup dengan bahan bakar terburuk sekalipun : Mesin bensin TR-series dan mesin diesel KD series - yang kemudian di-upgrade menjadi GD series di 2015.


Platform ini hingga hari ini sudah berusia 16 tahun, jalan dua generasi, dan not a single major problem found. Bahkan di tangan pemakai yang jorok sekalipun.


Dan baru saja, Toyota merilis versi facelift dari Hilux dan Fortuner generasi kedua di Thailand.


Hilux semakin tegas, semakin bergaya "American Truck". Besar, lebar, berotot. Membuat kita percaya kendaraan ini membawa gen yang sama dengan mobil yang gagal "dibunuh" oleh Top Gear.

Toyota Hilux 2020


Seperti Rambo. Tangguh di segala medan, termasuk medan pertempuran. Barangkali diam - diam Toyota merancang struktur yang bisa tahan ledakan bom atom.


Ya bisa jadi, dengan kepresisian dan perkembangan ilmu metalurgi, bukan tak mungkin dilakukan. 1988 saja sudah bisa, 2020 apa nggak makin gila?


Lalu Fortuner...


2020 Toyota Fortuner "Legender"


Uh, saya tidak tau kalau Fortuner sekarang ada versi Lexusnya. Seperti tidak ada gen Hilux di mobil ini.



Looks familiar?


Fortuner yang generasi lama - bentuknya seperti Hilux diberi kabin, begitu rugged, kesan mobil pekerjanya begitu kuat. Material interiornya sangat sederhana karena mobil ini memang ditujukan untuk bekerja.


Old vs New Fortuner.



Interior Old (atas) vs New Fortuner (bawah)

Sejak generasi kedua diperlihatkan, wow. Wajahnya jauh lebih kalem, Over fender besar dan spion kap mesin seperti yang lama dihilangkan. Tubuhnya lebih sleek, interiornya lebih mewah. Tidak lagi terlihat seperti Hilux diberi kabin.


Tetapi ini beralasan. Fortuner terlaris di Indonesia adalah tipe 4x2 nya. Penggunanya kebanyakan pejabat daerah, ajudan pejabat, bos-bos perusahaan, wanita-wanita sosialita di kota besar. Sebagai simbol status sosial.



Fortuner identik dengan mobil dinas pejabat daerah.


Aksesori - aksesori overfender lebar seperti di Fortuner lawas itu seperti tak ada gunanya di kota, malah justru menambah kerepotan saat parkir, dan memang dari pengalaman saya, Fortuner generasi kedua lebih lincah dan lebih mudah dikendarai di perkotaan. Bodinya tak lagi terasa intimidatif, rasio setirnya tidak lagi sebanyak yang lama.


Selain itu, mesinnya diesel, dan mesin diesel Toyota mampu menenggak solar lima ribuan tanpa masalah sedikitpun.

Mesin diesel terbaru "GD" berkapasitas 2.4 Liter (2GD-FTV) dan ada yang berkapasitas 2.8 Liter (1GD-FTV) tapi hanya di Hiace Premio terbaru.


Sudah mewah, hemat, tangguh pula. Kurang sempurna apa?























52 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page