top of page
  • Writer's pictureChristian Aditya

The "New S2000" ?

Honda di late nineties sampai awal 2000-an adalah pabrikan yang sangat doyan dengan sportcar. Memproduksi nama - nama legendaris seperti NSX, Civic Type R, Integra, Prelude, dan S2000.


Car companies goes up and down. Ada masa dimana Honda "membunuh" semua lini ini. Mereka pernah sama sekali tidak memiliki sportcar.


Lalu ada kabar gembira bahwa Honda kembali menjadi pemasok mesin di F1.


Dan ini adalah titik balik yang dramatis. Civic Type R FK2 menjadi awal pembuka era baru sportcar Honda - berlanjut hingga sekarang : FK8 Civic Type R dan dilanjutnya konsep NSX yang adalah hybrid supercar "termurah".

FK2-FK8 Type R, approach modern Honda dalam membuat sportcar

( sumber )


Civic Type R adalah entry level sportcar, sementara NSX adalah flagship.


Tetapi Honda masih memiliki satu nama yang sangat didambakan di dunia persportcar-an awal 2000-an : Honda S2000.

Honda S2000 Final Edition - yang tidak final-final amat.

( sumber )


Seluruh penggemar menanti kembalinya nameplate ini. Jembatan antara hot hatchback dengan pure sportcar experience - adalah sebuah mobil atap terbuka dengan mesin yang berteriak hingga 9.000 RPM.


Kita tidak akan mendengar mesin seperti ini sekarang. Pecinta lingkungan akan sangat marah melihat anda membakar bensin menjadi kecepatan dan adrenalin - karena batu bara dan baterai Lithium-ion sepertinya lebih ramah lingkungan.

F20C engine bertenaga 240 hp yang fenomenal pada zamannya - bahkan hingga saat ini.

( sumber )


However...


Kejutan : Honda "mempertimbangkan" untuk membuat sebuah sportcar "penerus" S2000 di 2024. Dan ini bukan sekedar rumor.

Take it with a massive grain of salt, but "a source close to Honda" tells Forbes that a revived S2000 is at least under consideration. Specifically, the brand's marketing team is allegedly investigating the possibility of building a new sports car to arrive in 2024.

Kembali ke 2017, CEO Honda, Takahiro Hachigo pernah mengatakan demikian :

“All over the world – in Japan, North America, Europe, China – more and more voices are expressing the desire to reinvent S2000. However, it has not matured yet. It’s not time yet. We need time to decide if S2000 is reinvented or not. If the sales people investigate, look at it and they’re really enthusiastic, maybe we look at it,” Hachigo explained in Tokyo.

Lalu, apakah mesin 2 Liter dengan redline 8.000 - 9.000 RPM akan tetap dipertahankan ?


Well, mengingat Honda sudah tidak lagi membuat mesin serupa, kabarnya New "S2000" ini akan menggunakan mesin K20C1 dari Type-R :

Pemain 2.0 Liter di kubu Honda, dan mungkin saja untuk S2000 akan dikembangkan untuk platform rear-wheel drive.


Rather than the original, high-revving naturally aspirated four-cylinder engine, the new S2000 allegedly adopts a version of the Civic Type R's 2.0-liter turbocharged four-cylinder. To make it work, Honda needs to engineer the engine to work longitudinally for driving the rear wheels.

Dan sebagai sportcar yang akan diposisikan bersaing dengan Subaru BRZ dan Mazda MX-5, lightweight is a must. Honda berjanji mobil ini tidak akan lebih dari 1.4 ton. Artinya hanya seberat Civic Type R, tentu saja dengan proporsi badan yang mirip dengan pendahulunya.

As a vehicle that's still so many years away and doesn't even have a green light for production, details about the revived S2000 are still sketchy. The insider indicates that Honda intends the body proportions to be similar to the original. Aluminum and carbon fiber would help keep the weight below 3,000 pounds (1,361 kilograms). For comparison, the S2K at introduction in Japan weighed 2,733 pounds (1,240 kilograms).

20th Anniversary S2000 : A "Strong" Sign ?


Honda menyadari sebagian productnya memiliki penggemar setia - termasuk S2000. Dan mereka tidak pernah lupa itu.


Sekarang sudah 20 tahun berselang, dan Honda memperingatinya dengan : memproduksi OEM accessories The S2000 "20th Anniversary" Prototype adalah S2000 yang diberi aksesoris supaya tampil lebih modern. Well, yang lama juga belum kuno-kuno amat sih.

S2000 "20th Anniversary"

( sumber )

Tidak hanya itu, Honda juga kembali memproduksi parts S2000 untuk memastikan anda - para penggemarnya, tidak perlu kesulitan pergi ke junkyard untuk mencari parts orisinil.


The S2000 parts catalog is coming in June, but before that, S2000 owners can tell Honda which parts you want to purchase. It's simple: Post which parts you need with the hashtag #S2000PartsCatalog on either Facebook or Twitter so Honda knows what people are likely to buy. There's a narrow window for requests, though. Honda says that customers have from now until April 30 to make their wishes known.

Ini jadi semakin memberi tanda - tanda kuat mengenai hadirnya sportcar modern penerus S2000.


Artinya, Honda mulai memiliki ketertarikan dengan enthusiast market, dan sengitnya kompetisi dari Subaru BRZ, Mazda MX-5, dan later Nissan Z-Proto, tak mungkin diabaikan begitu saja.


Well, tentu saja walaupun highly unlikely pabrikan akan membuat lineup nya semakin banyak dan kompleks, apalagi Honda yang sekarang jadi sangat ringkas - kita masih berharap akan kebangkitan kembali nameplate legendaris seperti Honda Prelude dan Integra.

New Integra Type-R dengan basis New Civic akan jadi sangat menarik...

( sumber )


Asal tidak dinodai dengan menggunakan penggerak Full-Electric...

54 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page