top of page
  • Writer's pictureChristian Aditya

The Odd-gen Civic

Wajah baru Civic mulai terkuak.


Setelah bocoran - bocoran spy shots dan patent images, kini Honda merilis versi prototype dari Civic sedan, dan karena ini adalah prototype, maka anda bisa expect bahwa nantinya bentuk production model dari Civic akan kurang lebih seperti ini.


Foto dan artikel disadur dari Car and Driver.


Ada sebuah lore dari Civic bahwa sejak generasi 6 (EK), maka generasi ganjil selalu memiliki bentuk yang lebih ke elegan, sedangkan generasi genap memiliki bentuk yang agresif. Entah kenapa, ini seperti "kutukan" yang kembali terjadi.


Civic generasi 11 tidak terkecuali. Bentuknya cenderung ke elegant, dan bohong kalau anda tidak melihat siluet Accord di Civic ini. Yes, referensi desain mobil apa lagi yang bisa Honda gunakan untuk membuat Civic yang lebih elegan ?

Beruntunglah bagian belakangnya tidak terlalu meniru Accord. Biarpun ia malah kehilangan ciri khas signature C-shaped tail lights ala Honda sekarang. Mungkinkah gaya desain terbaru Honda ?

Terlihat masif ? Bertambah besar ? Kabar baiknya, Honda sama sekali tidak menambah ukuran pada mobil ini. Mobil ini lebar dan tingginya masih sama, tetapi panjangnya mungkin hanya bertambah sekitar 1 inch dan wheelbase juga memanjang sekitar 1 inch.

It also means the Civic, which is already the stretch limousine of the compact class, ain’t gettin' any bigger. Although it appears longer, lower, and wider than its incredibly popular predecessor, Honda hasn't messed much with its dimensions. Its height and width are the same as before, and it's only about an inch longer. Its wheelbase has been stretched a little more than an inch, but interior space is unchanged. "Rear legroom remains the same," says Dan Calhoun, Honda senior planner for the Civic four-door and Si. "But the longer wheelbase allowed us to increase the rake of the rear seat slightly for more comfort." Trunk space is also about the same.

Permainan visual di sini adalah mundurnya pilar A sepanjang 2 inch, bonnet yang semakin panjang dan overhang belakang yang memendek. Ini memperbaiki stance Civic sedan menjadi seperti sedan rear-wheel drive. Well, mereka tidak berlebihan, saya bisa melihat sedikit siluet BMW seri-3 di sini juga.

The Civic's nose also looks longer because it is. Its front overhang has increased about an inch, while its rear overhang is shorter by about the same amount. LED headlamps and taillights are production units and connected by a hard, crisp line that runs the length of the car. The only chrome on the prototype is found on the two Honda badges and the Civic badge on its decklid.

Bonnet panjang dengan rear overhang pendek, mirip dengan BMW seri-3


.... dan interior yang sangat Audi-esque. Salam satu dashboard dengan Accord.

Oh well kenapa harus menggunakan layar tancap di tengah dashboard...


Belum ada detail mengenai spesifikasi dan powertrain. Mengingat pada generasi sebelumnya juga satu platform Civic digunakan untuk dua generasi, maka besar kemungkinan mesin yang sama juga akan digunakan di mobil ini - hanya lebih baik.


"The 2022 Civic will also get more standard feature content," he says, also claiming it will perform "even better than its predecessor" in handling, engine performance, overall dynamics, and crash protection.

Dan instead of mengabarkan keberadaan Civic dengan powertrain hybrid, electric, atau dual clutch transmission, Honda tetaplah Honda, mempertahankan gaya old school : Type-R dan Si akan tetap menggunakan transmisi manual.


More important, Pulley confirms that the Si and Type R will retain their clutch pedals. He also does not rule out an optional dual-clutch automatic, which is now available in the Hyundai Veloster N. We still assume the Type R will be available only as a hatchback and the Si will be offered as a sedan, although it's possible Honda will introduce a Civic Si hatchback.

Sebuah kabar baik bagi enthusiasts, dan sepertinya Honda ingin memberi kita harapan bahwa transmisi manual akan terus hidup di produk - produknya. Well, berpotensi menjadi niche, actually.

Next, Hatchback dan Type-R, please.




65 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page