top of page
  • Writer's pictureChristian Aditya

Bangle

1992, seorang pria Amerika didapuk menjadi seorang chief designer di pabrikan mobil asal Bavaria, Jerman.


Nama pria itu : Christopher Edward Bangle.

Christopher Edward Bangle


atau lebih dikenal dengan nama bekennya : "Chris Bangle".


Mendengar nama ini saja rasanya saya tak perlu menyebut nama mereknya, karena Bangle memang identik dengan sebuah nama besar di dunia otomotif. Istilahnya, orang bisa saja lupa dengan siapa CEO merek ini, tapi mereka tidak akan lupa dengan Chris Bangle.


Karirnya hanya sampai tahun 2009 di BMW, ia mengundurkan diri. Tetapi tak ada nama lain yang dapat menyamai Bangle di BMW.


Yang membuat Bangle tersohor bukanlah karena ia mendesain mobil tercantik sepanjang sejarah, atau membuat BMW tercantik pada zamannya.


Malah sebaliknya : karya Bangle penuh kontroversi.


Standar kecantikan itu selalu berbeda di setiap zaman. Di awal abad 21, karya Bangle sulit diterima publik. Setiap BMW baru yang keluar di era Bangle, selalu jadi pembicaraan.


The infamous "Bangle Butt", E65 7-series dengan gaya lampu kontroversialnya.


Bangle adalah disrupsi bagi dunia desain otomotif. Ia membuat sesuatu yang dibicarakan banyak orang. Kalau zaman dulu sudah ngetrend twitter, mungkin akan ada hashtag #BangleButt atau #FireBanglefromBMW dan trending.


Sesuatu yang jadi pro-kontra, biasanya akan dengan sendirinya membawa pada progresi / kemajuan zaman.


Bangle adalah orang yang membawa progress itu lebih jauh. Bagi sebagian orang, ia menghancurkan BMW, tetapi bagi orang yang rela meninggalkan pemikiran lawasnya dan bersedia melangkah maju, Bangle adalah pahlawan, seorang yang visioner, the future man.


Saya jadi curiga Bangle itu orang dari masa depan yang menemukan sebuah wormhole ke masa lalu.


I mean, siapa hari ini yang tidak terpengaruh gaya desain Bangle ? Bohong jika bilang tidak ada. Faktanya, nyaris semua pabrikan mobil di abad 21 ini berutang budi pada Bangle.


Contoh jelasnya ?

.... looks familiar?


ATM - Amati, Tiru, Modifikasi. Karya Bangle banyak di-"ATM" oleh para desainer mobil masa kini.


Menyontek desain adalah hal biasa, karena nyontek juga ada seninya supaya tidak ketahuan. Modifikasilah dikit-dikit. Jadilah desain "original" buatan anda. Seperti judul buku : "Steal like an artist" karya Austin Kleon.


perbedaan "good theft" dan "bad theft" menurut definisi Austin Kleon


Saya yakin sekali "keunikan" desain Bangle 100% dalam approval para eksekutif di BMW saat itu. Bangle sebelum merilis desainnya ke publik, sebagai chief designer yang membawahi satu tim, ia akan presentasi di hadapan para petinggi, dan jika benar, maka para eksekutif BMW, sendirinya berisi orang - orang visioner.



Sayangnya, dugaan saya ini benar. BMW is one hell of a visionary car maker. Untuk sebuah pabrikan yang mikir meletakkan sebuah layar multifungsi di tengah di 2003 ? No one but BMW. Sekarang nyaris semua mobil ada layarnya.


Layar multimedia iDrive, BMW memulai sistem ini sebelum ditiru oleh yang lain.


Bangle meninggalkan sebuah legacy, yang diteruskan oleh desainer BMW masa kini. Legacy untuk terus melihat ke masa depan.


Oh btw, baru saja BMW merilis production model untuk seri-4 terbaru,


BMW 4-series 2020.


You may call it ugly, aneh, grillnya terlalu mencolok dan besar. Bahkan di mata saya sendiri, bentuknya sungguh tak lazim, dan ini production model, sudah bukan concept.


Tetapi sekali lagi : BMW is a visionary car maker. Dan jika ini benar, maka 10-20 tahun lagi, anda akan terbiasa dengan desain seperti ini, dan akan banyak pabrikan "mencontek" gaya ini. Ready or not, welcome the future. No, saya tidak typo. Welcome the future, bukan "to" the future.


Ucapkan selamat datang pada "masa depan". Karena masa depan adalah objek, dan bagi BMW, masa depan adalah milik mereka yang berkreasi.

Satu lagi pembuktian bahwa BMW adalah pabrikan visioner : the i8. Sportscar dengan sistem plug-in Hybrid dan mampu mengasapi BMW M3 di trek lurus.


Sejarah membuktikan bahwa hari ini desain Bangle masih sangat relevan. Karya - karya Bangle, seakan tidak menua sehari pun. Bawalah sebuah E60 seri-5 ke rumah pacar anda yang sekarang harganya di bawah dua ratus juta, dan suruh ia menebak ini mobil tahun berapa.

BMW E60 5-series. Anda tidak akan percaya bahwa ini mobil yang dibilang "jelek" di 2003.


Jika saya benar, tebakan pacar anda - dengan asumsi ia tidak hobi mobil : di bawah 10 tahun.


Hanya, pastikan bapaknya bukan penggemar mobil!













84 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page