top of page
  • Writer's pictureChristian Aditya

Gerak, Alam, dan Mesin.

Transportasi, berasal dari kata "transport"


a system or means of conveying people or goods from place to place by means of a vehicle, aircraft, or ship. - Google Dictionary.

atau bahasa Indonesianya memindahkan orang dan barang dengan suatu alat.


Memindahkan sesuatu itu butuh suatu pergerakan. Kaki manusia adalah alat transportasi paling purba dan paling standar. Yang membuat anda berpindah kan pertama - tama itu kaki, kaki memindahkan tubuh anda dan barang - barang bawaan anda.


Gerak membutuhkan energi. Manusia dan kuda mendapat energi dari makanan. Energi dihasilkan melalui sebuah mekanisme yang mengolah makanan tersebut. Sebagian dibakar, yang kelebihan disimpan sebagai lemak, sebagian lagi dibuang di "ritual pagi hari" - entah dalam bentuk padatan, cairan, atau gas.


Proses alamiah ini adalah sesuatu yang mendasari pergerakan dan aktivitas setiap makhluk dan benda bergerak di muka bumi. Prinsip kekekalan energi - pelajaran IPA dasar.


Ilmu sains mempelajari fenomena alam, dengan mengamati dan eksperimen, lalu merumuskan sebuah fenomena dan jadilah teori.


Menggesek kayu dengan kayu untuk menghasilkan panas, melempar batu ke atas dan melihat pergerakannya, atau sesederhana berendam dan ada air keluar dari bak. Ada orang - orang yang cukup kurang kerjaan bisa merumuskan sebuah teori hanya dari berendam. Mungkin nanti kita bisa merumuskan sebuah teori rebahan setelah pandemi COVID-19 mereda.



Cerita tenang penemuan Hukum Archimedes.


Teori - teori lahir dari pengalaman manusia, teori tidak lahir dari "thin air". Isaac Newton tidak hujug-hujug mendapat mimpi tentang teori gravitasi. Teori adalah cara manusia memahami fenomena - fenomena sehari - hari.


Makanya saya tidak sepakat "teori selalu tidak sama dengan kenyataan". Itu adalah pernyataan yang keliru. Teori justru dihasilkan dari pemahaman manusia akan kenyataan. Teori sains baru selalu lahir sepanjang waktu, tetapi teori - teori itu tidak membatalkan teori sebelumnya. Ada ilmuwan baru, mengamati fenomena yang sama, menemukan sudut pandang dan pendekatan berbeda dari fenomena tersebut, jadilah teori baru lagi. Contoh konkretnya adalah Teori Atom.



Teori atom, setiap ilmuwan selalu menemukan teori - teori baru, tetapi teori - teori itu berkembang, bukan saling meniadakan teori yang lain.


Dengan mempelajari fenomena alam, selanjutnya adalah aplikasi. Aplikasi adalah bagaimana manusia bekerjasama dengan alam untuk kemaslahatan hidup dan menjawab problem eksistensi.


Film - film kolosal Asia sering menggambarkan manusia merekayasa alam, dengan cara - cara seperti : sihir, tenaga dalam, ilmu mengendalikan elemen bumi (api, air, tanah, udara), dll.



Avatar, dan baik film kolosal maupun anime asia selalu memiliki prinsip - prinsip bahwa alam dapat di rekayasa untuk keperluan manusia.


Anda pasti berpikir saya ngelantur, kok bisa sampe bahas hal - hal absurd di film. Tapi yakinlah, saya masih sadar sepenuhnya. Rekayasa alam itu hal yang kita lakukan sejak zaman purbakala, dalam hal - hal yang "biasa saja" ; membuat api, membuat tombak dan panah berbahan kayu dan batu untuk berburu mencari makan. Bukankah itu rekayasa alam? Kita memakai alam untuk membantu kehidupan.



Manusia sudah terbiasa menggunakan benda - benda dari alam untuk membantu bertahan hidup.


Dan kejutannya : mesin kendaraan adalah perangkat yang merekayasa alam.



Mesin kendaraan menggunakan prinsip dasar gerak.


Mesin kendaraan melakukan gerak mekanis berdasarkan prinsip - prinsip alamiah. Gerak - gerak ini tak akan terjadi kalau mesin itu sendirian di ruang hampa. Prinsip gerak membutuhkan energi, mesin ini memproses energi alam untuk menghasilkan gerakan.


Manusia menemukan bagaimana menghasilkan energi panas / kalor, yang didapatkan dari proses kimiawi pembakaran dari Oksigen dan Bahan Bakar, bahan bakar pun asalnya juga dari alam (produk dari minyak bumi), lalu menghasilkan gerak naik-turun yang menggerakkan sebuah poros engkol.



Proses penyulingan minyak bumi.


Metal - metal bergerak di mesin mobil, jangan lupa, adalah hasil rekayasa alam juga. Percampuran zat - zat alamiah yang memiliki sifat kimia tertentu lalu diolah.


Pembakaran di mesin, terjadi di ruang silinder tertutup. Udara dan bahan bakar masuk di ruangan tertutup melalui pintu masuk utama, lalu mereka di dalamnya menggelar rapat tersembunyi, berkonspirasi dan karena tidak menemukan kesepakatan, meetingnya panas, hujug - hujug terjadi ledakan. Pintu emergency dibuka untuk mengeluarkan sisa - sisa dan korban ledakan.


Kira-kira seperti itulah siklus pembakaran 4-langkah standar. Pintu masuk utama adalah katup masuk (intake / hisap), pintu emergency adalah katup buang (exhaust / buang). Yang berkonspirasi di dalam adalah udara dan bahan bakar, beserta komponen seperti busi dan piston / torak / seher (compression / tekan). Lalu panas menghasilkan ledakan (combustion / bakar).


hisap-tekan-bakar-buang. Suck, squeeze, bang, blow.


Proses pembakaran 4-langkah : suck, squeeze, bang, blow.

Mesin dua langkah pun sama saja, hanya terjadi dalam dua siklus. Ruangnya tidak tertutup - tertutup amat, jadi harus gerak cepat supaya tidak ketahuan.



Siklus pembakaran dua langkah (2-stroke / 2-tak)


Disebut Mesin Pembakaran Dalam / ICE (Internal Combustion Engine), karena memang pembakarannya terjadi secara "rahasia" a.k.a di dalam. Di zaman saya kuliah secara sederhana hanya disebut sebagai "motor bakar".


Dan sistem ini tersambung ke sistem lebih besar yang terstruktur, masif, dan sistematis : poros engkol (crankshaft).



Sambungan engine-gearbox, dipasangkan oleh sebuah unit kopling.


Sederhananya, dari mesin ke roda itu hanya terdiri atas poros-poros yang berputar. Engkol tersambung ke sistem lain bernama gearbox / transmisi (to transmit = memindahkan / menyalurkan) melalui flywheel via kopling ( clutch / coupling = couple = pasangan, jadi fungsi coupling adalah menjodohkan mesin dan transmisi) , yang isinya ya poros dengan roda gigi berputar. Poros ini nyambung ke poros lain lagi... entah CV joint atau gardan, tergantung mobilnya penggerak depan atau belakang.


Voila! Seperti itulah mesin bekerja. Sederhana, bukan?
















27 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page