top of page
  • Writer's pictureChristian Aditya

Special Edition

Semua orang ingin dianggap spesial.


Dalam industri otomotif, mobil dengan embel - embel "special edition" selalu ada di sepanjang zaman. Mereka berusaha memberikan value lebih ke konsumen dengan membuat konsumen merasa spesial membeli edisi khusus tersebut.


Cara ini sangat ampuh sebagai marketing gimmick. Mobil - mobil ini diberi karena dapat memberi pemiliknya rasa "spesial" itu. Anda adalah satu dari sekian orang pilihan yang dapat memiliki mobil tersebut.

Jelang akhir tahun, Mitsubishi merilis edisi spesial : Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition, dan Xpander Black Edition.

( sumber )


Meski begitu, terkadang edisi spesial tidak melulu soal marketing gimmick, karena ada beberapa mobil yang memang dibuat spesial untuk memperingati sesuatu. Jadi, berikut beberapa alasan umum pabrikan mobil membuat edisi "spesial".


Everything Must Go!


Edisi khusus biasa diluncurkan pada momen tertentu yang terbaca sekali. Pabrikan biasanya merilis edisi spesial ini sebagai "edisi penghabisan" - secara literal maupun tidak. Saat mobil sudah dirasa berada pada akhir life cycle.


Pada banyak kasus momentumnya pas sekali dengan beberapa bulan sebelum pergantian model atau facelift.

Innova TRD Sportivo, muncul beberapa bulan sebelum Innova facelift.

( sumber )

In most cases, special editions aren’t exactly “special.” Instead, most automaker special editions are released when a car is aging, as newer competitors have arrived. If, for example, Car A was released in 2014 and Car B, a rival, came out in 2017, the manufacturers of Car A may create the “Car A Special Edition” in 2018 to try and spur sales — and convince people that they have a new, special version.

Terlepas ini adalah strategi cuci gudang atau tidak - saya rasa tidak ada yang salah dengan itu. Ada beberapa kelebihan membeli mobil outdated yang diberi embel-embel "special edition".


Edisi terakhir mungkin akan kalah model saja dengan yang baru - tetapi fakta bahwa mobil tersebut sudah di akhir life cycle menandakan bahwa sudah banyak improvement dari versi - versi sebelumnya. Sedangkan model terbaru kadang edisi paling awal masih belum teruji dan rawan sekali dengan yang namanya "first batch problem", yang tentu saja nantinya akan sempurna lagi di edisi terakhir dan siklusnya berulang terus. Mobil anda mungkin outdated, tetapi relatif lebih bebas masalah.


Selain itu, beberapa model special edition juga harus saya akui, terlihat sangat keren dibanding versi reguler. Misalnya Suzuki SX4 RC-1.

Edisi terbatas SX4 di akhir siklus hidupnya yang menurut saya, cukup keren.

( sumber )


Jika anda tipikal yang tidak selalu mengejar kebaruan model - opsi limited edition atau special edition bisa jadi opsi.


Some Moments needs to be Celebrated.


Ada momen - momen tertentu yang perlu dirayakan : ulang tahun, milestone, atau tokoh tertentu, dan salah satu cara pabrikan merayakannya adalah dengan merilis edisi khusus / terbatas.

Edisi ulang tahun ke-30 Mazda MX-5 Miata, dengan warna khusus.

( sumber )


Tidak jarang, mobil - mobil ini juga memiliki spek yang sedikit berbeda dibanding edisi regulernya - bukan sekedar beda warna atau aksesoris. Yang tentu saja edisi khusus ini dijual sangat terbatas.

Edisi spesial Gallardo LP550-2 "Valentino Balboni", memperingati pensiunnya seorang test driver Lamborghini, dengan spek yang berbeda dari Gallardo reguler.

( sumber )

Lancer Evolution 6.5 T.M.E (Tommi Makinen Edition)

( sumber )


Dan biasanya karena jumlah sangat limited dan spek yang berbeda dari reguler - nilai jual mobil - mobil ini relatif lebih bertahan dan potensi besar menjadi future classic alias barang antik.


Bahkan jika anda satu-satunya atau satu dari dua, satu dari tiga, satu dari empat pemilik edisi super limited , harganya dijamin akan sangat "tergoreng" di masa depan.


The Winning Car


Let's face it - mobil standar memerlukan modifikasi sedemikian rupa untuk dapat menaklukkan sirkuit berat seperti Nurburgring, dan spek seperti ini jelas tidak mungkin dijual sebagai mass-pro karena mesin, suspensi, rem, ban, aero nya tidak dipersiapkan untuk jalan raya.


Karena itu ada mobil seperti Subaru WRX STI Type RA NBR atau Lexus LFA Nurburgring dipersiapkan untuk anda yang benar - benar menginginkan mobil dengan spek serupa untuk menaklukkan "The Green Hell" walau sebenarnya anda tidak pakai juga.



Subaru WRX STI RA NBR (Record Attempt - Nurburgring).

( sumber )



Dari 500 LFA, 50 unit di antaranya adalah edisi spesial Nurburgring yang tentu saja sudah lebih siap dengan spek yang mumpuni. Jadi sudah asalnya limited, dibuat lebih limited.

( sumber )


Anda belum tentu adalah seorang yang jago nyetir - tetapi memiliki mobil yang speknya sama dengan pencetak rekor di Nurburgring memberikan rasa bangga tersendiri, dan tentu saja lagi-lagi jika dibuat sangat terbatas, berpotensi menjadi "gorengan".


"Goreng-Goreng" Harga : Classic Supply and Demand


Tidak semua mobil edisi spesial dapat menjadi gorengan, tentu saja.


Pada umumnya, semakin terbatas sebuah mobil - semakin mudah penawaran harga mobil tersebut "digoreng". Hukum suplai dan permintaan klasik.


Ditambah, beberapa mobil telah dari awal menjadi cult, memiliki penggemar sendiri, dan hanya para penggemar ini yang mengetahui berapa besar nilai dari sebuah mobil edisi spesial. Nilai mobil - mobil ini ditentukan oleh seberapa besar apresiasi para penggemar.


Penggemar Porsche tentu akan dengan senang hati membayar berapapun untuk sebuah 911 50th Anniversary, penggemar MINI Cooper akan membayar dengan sukarela berapapun harga yang ditawarkan pada sebuah MINI Goodwood.

Apa yang terjadi ketika MINI terinspirasi dari Rolls-Royce ? Jadilah MINI Goodwood, edisi termahal dan terbatas MINI. Secara spek mobil ini sama saja dengan Cooper S. Anda tentu heran, tetapi penggemar MINI sudah paham.

( sumber )


Orang willing to pay berapapun karena mereka sangat mengerti nilai sesungguhnya barang tersebut, dan tentu saja memilikinya sangat terasa spesial.







48 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page